Tips Menolak Tawaran Pekerjaan yang Baik dan Sopan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 13 2024, 09.38

Menolak tawaran kerja merupakan hal yang wajar dalam proses pencarian kerja. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

OutlookJobStreet 2022-2023 tentang rekrutmen kompensasi dan benefits melaporkan bahwa salah satu alasan utama mengapa kandidat menolak tawaran pekerjaan adalah karena mereka telah menerima tawaran lain yang mungkin memberikan paket gaji yang lebih baik.

Namun, bagaimana caranya menolak tawaran kerja yang baik dan profesional? Berikut adalah tips yang dikutip dari Jobstreet, sebuah platform daring yang menyediakan informasi lengkap seputar lowongan kerja dan spesifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan.

1. Ucapkan terima kasih
Mulailah dengan mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak perusahaan yang sudah memberikan kamu tawaran kerja. Tunjukkan apresiasimu atas kesempatan yang sudah diberikan untuk mengikuti proses seleksi.

Contoh: “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan tim di [Nama Perusahaan] atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya sangat menghargai waktu dan upaya yang sudah Bapak/Ibu berikan selama proses rekrutmen”.

2. Berikan alasan yang jelas
Selanjutnya, berikan penjelasan yang jujur dan jelas tentang keputusan kamu untuk menolak tawaran kerja. Jangan lupa jelaskan bahwa keputusan yang kamu ambil berasal dari proses pertimbangan yang matang. Hindari memberikan alasan yang negatif atau malah mengkritik perusahaan.

Contoh: “Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, dengan menyesal saya memutuskan untuk tidak menerima tawaran kerja yang sudah [Nama Perusahaan] berikan. Saya merasa bahwa posisi yang ditawarkan tidak sesuai dengan tujuan karier saya”.

3. Sampaikan pesan dengan ringkas dan profesional
Ketika menyampaikan alasan, jaga agar pesan yang kamu sampaikan ringkas dan tidak bertele-tele. 

Memberikan detail yang tidak relevan atau berlebihan malah akan membuat kamu terlihat tidak profesional. Misalnya, jika alasan kamu menolak yaitu karena posisi yang ditawarkan tidak sesuai dengan tujuan karier, maka tidak perlu menyebutkan secara detail seperti apa tujuan karier kamu ke depannya atau alasan mengapa kamu mengambil jalur karier tersebut.

4. Bersikap terbuka dan tetap jalin komunikasi
Meskipun kamu menolak tawaran kerja, kamu harus tetap mempertahankan sikap positif dan menyatakan niat untuk menjalin komunikasi dengan perusahaan. 

Hal ini menunjukkan bahwa kamu terbuka dengan peluang di masa depan sekaligus memberikan apresiasi kepada perusahaan.

Contoh:“Saya berharap tetap dapat menjaga hubungan profesional dengan [Nama Perusahaan]. Jika ada kesempatan di masa depan, saya akan senang untuk berkolaborasi dan berpartisipasi dalam proyek bersama”.

5. Cantumkan kontak pribadi
Sebagai penutup, jangan lupa sertakan kontak pribadi kamu seperti alamatemaildan nomor telepon agar perusahaan dapat langsung menghubungi jika ada pertanyaan lebih lanjut. 

Dengan mencantumkan kontak pribadi, kamu juga kembali menekankan harapanmu untuk menjaga komunikasi dengan perusahaan.

Contoh:“Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui email di [Alamat Email] atau di nomor [Nomor Telepon]”.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Cara Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan Tentang Diri Anda’ Saat Interview Kerja

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 07.25

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, tapi memerlukan perhatian khusus untuk merangkai jawabannya.


Generic placeholder image

Lima Cara Menyeimbangkan Kehidupan dan Pekerjaan

GAYA HIDUP

Feb 16 2024, 12.10

Sangat penting untuk menerapkan efisiensi waktu, agar kehidupan sehari-hari dan pekerjaan bisa seimbang.


Generic placeholder image

Studi Ungkap Diskriminasi Usia di Tempat Kerja Terus Meningkat

LAINNYA

Feb 12 2024, 08.08

Sekitar satu dari lima orang Amerika berusia 65 tahun ke atas masih bekerja.


Generic placeholder image

15 Menit Awal Bekerja Ternyata Penentu Mood Sepanjang Hari

EKONOMI & BISNIS

Feb 12 2024, 07.49

Menggunakan 15 menit pertama untuk membingkai ulang pola pikir dapat terbukti membantu memulai hari kerja Anda.


Generic placeholder image

Kesalahan Ini yang Kerap Dimasukkan ke Resume Pekerjaan

EKONOMI & BISNIS

Feb 02 2024, 14.31

Hal lain yang harus dihindari adalah mencantumkan baris yang menyatakan peran apa yang Anda lamar.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 28 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022