Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Apple meluncurkan strategi AI yang telah lama ditunggu-tunggu dengan mengintegrasikan teknologi Apple Intelligence barunya di seluruh rangkaian aplikasinya termasuk Siri. Apple juga bermitra dengan OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT ke dalam perangkatnya.

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft, meskipun langkah ini sedikit terlambat dibandingkan kompetitornya.

Fitur-fitur AI diumumkan pada Worldwide Developers Conference dan akan hadir dengan sistem operasi terbaru untuk perangkatnya, yang juga didemonstrasikan pada acara tersebut.

Fitur-fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk meringkas teks dan menghasilkan konten lain, seperti animasi yang dipersonalisasi untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seorang teman.

Apple juga mengatakan, integrasi ChatGPT akan tersedia akhir tahun ini serta fitur AI lainnya akan menyusul. Chatbot dapat diakses secara gratis dan informasi pengguna tidak akan dicatat.

“Kami ingin Anda dapat menggunakan model eksternal ini tanpa harus berpindah-pindah di antara alat yang berbeda,” kata eksekutif Apple, Craig Federigh dilansir dari Reuters.

Apple juga merombak Siri dengan teknologi AI generatif untuk memberikan asisten suara ini kemampuan untuk mengontrol fitur aplikasi individual. Ini berarti Siri sekarang dapat menghapus email dan mengedit gambar untuk pengguna iPhone - kemampuan yang sebelumnya terbukti sulit karena asisten perlu memahami maksud pengguna serta cara kerja aplikasi.

Siri juga akan memanfaatkan keahlian ChatGPT dan meminta izin dari pengguna sebelum meminta layanan OpenAI. Apple telah membangun AI dengan privasi sebagai intinya dan akan menggunakan kombinasi pemrosesan di perangkat dan komputasi awan untuk mendukung fitur-fitur AI.

Untuk mewujudkannya, Apple berencana menggunakan chipnya sendiri untuk membantu menggerakkan fitur AI pada perangkatnya. Apple juga meluncurkan Private Cloud Compute, di mana AI-nya dapat memanfaatkan model berbasis server yang lebih besar sekaligus melindungi privasi pengguna.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Fitur AI Terbaru Google Kerap Memberikan Jawaban yang Aneh

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 19.51

AI terkadang dapat memalsukan fakta.


Generic placeholder image

Apple Intelligence, AI Generatif Versi Apple

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 09 2024, 13.45

Cara yang paling jelas bagi Apple untuk merangkul AI generatif adalah melalui Siri, asisten virtual perusahaan.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Generic placeholder image

Menparekraf: Indonesia Punya 2.562 Perusahaan Startup, Potensi Cetak Lapangan Kerja Baru

EKONOMI & BISNIS

Jun 01 2024, 10.55

Penguatan ekosistem startup di Indonesia sangat penting dan menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Generic placeholder image

Kazakhstan Investasi Rp9 M di Nusantara untuk Smart Traffic Berbasis AI

TEKNOLOGI DIGITAL

May 28 2024, 11.46

Teknologi smart traffic dari Sergei ini juga bisa diterapkan di kota-kota besar lainntya di Indonesia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022