Ini Efek Negatif Tidur di Samping Ponsel yang Jarang Diketahui

blog_10

GAYA HIDUP

Nov 18 2023, 09.17

Tidur di samping ponsel merupakan fenomena yang sering dilakukan oleh banyak orang. Ada banyak alasan, salah satunya bisa langsung cepat membalas pesan atau mengangkat telepon yang masuk. Alasan lain, bisa melihat postingan di media sosial sebelum tidur.

Tak dapat dipungkiri, di era digital ini ponsel memang menjadi kebutuhan utama, sama halnya seperti nasi. Selain untuk hiburan, semua yang kita butuhkan ada di dalam ponsel, dari mulai catatan sehari-hari, sumber informasi, hingga pekerjaan juga dapat dilakukan melalui ponsel.

Namun tahukah Anda, jika tidur di samping ponsel ternyata memiliki efek negatif yang jarang sekali diketahui?

Dilansir dari Bustle, ada begitu banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa menggunakan ponsel sebelum tidur cenderung menyebabkan masalah dalam tidur itu sendiri, dan berikut ini sejumlah efek negatif yang muncul jika tidur di samping ponsel.

1. Kesulitan Tidur

Kesulitan tidur di malam hari bisa terjadi karena Anda terlalu banyak bermain ponsel, contohnya berkirim pesan melalui sosial media, berbicara melalui telepon hingga larut malam, atau mungkin membaca berita di media elektronik.

Meskipun tampak santai, tapi kegiatan-kegiatan tersebut akan memaksa otak Anda untuk terus bekerja tanpa istirahat, yaitu dengan memahami tulisan-tulisan yang harus dibaca, atau menerjemahkan maksud dari gambar-gambar maupun foto-foto yang diposting oleh teman Anda di media sosial.

2. Tertekan dan Stres

Tidur di samping ponsel juga dapat memunculkan rasa tertekan, karena jika ponsel berbunyi apabila seseorang mengirim pesan atau menelepon, Anda akan merasa harus selalu siap sedia 24 jam dalam seminggu untuk membalas pesan tersebut. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Rose MacDowell, Kepala Peneliti Tidur di Sleepopolis.

“Melihat aktivitas di ponsel Anda dapat meningkatkan perasaan tertekan untuk selalu siap sedia 24/7," kata Rose MacDowell, dikutip dari Bustle. 

Perasaan tertekan itu nantinya dapat mengakibatkan stres yang membuat tidur semakin sulit.

3. Terjaga Sepanjang Malam dan Kebingungan saat Bangun Tidur

Efek negatif berikutnya jika Anda tidur di samping ponsel menurut penelitian adalah, radiasinya yang sangat mengganggu kinerja otak.

"Ketika Anda menatap ponsel, ia memancarkan cahaya biru yang mencegah tubuh Anda memproduksi melatonin," kata Ibinye Osibodu-Onyali, LMFT, Terapis Pernikahan dan Keluarga berlisensi, sekaligus pemilik The Zinnia Practice.

"Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur, dan memungkinkan Anda untuk beristirahat dengan nyenyak,” tambahnya.

Tanpa hormon ini, Anda mungkin akan terjaga sepanjang malam, atau terbangun keesokan harinya dengan perasaan bingung.

Itulah mengapa Osibodu-Onyali merekomendasikan untuk meletakkan ponsel sekitar satu jam sebelum naik ke tempat tidur, karena hal tersebut dapat memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk memproduksi melatonin. 

Tidur tanpa ponsel di samping Anda, mungkin bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, tetapi jika kebiasaan ini perlahan-lahan diganti dengan aktivitas non-layar seperti membaca buku, atau melakukan hobi bersantai, Anda mungkin akan melihat perbedaan besar dalam tidur sepanjang malam.

Namun, bahkan jika Anda adalah orang yang tidak terlalu sering melihat ponsel di malam hari, hanya dengan meletakkannya di dekat Anda saja sudah cukup untuk mengganggu tidur Anda. 

“Jika ponsel berdengung atau berdering, itu akan mengingatkan tubuh Anda untuk bangun, bukannya bersantai dalam tidur yang nyenyak," ujar Osibodu-Onyali. 

"Perhatikan bahwa mode getar juga bisa menjadi masalah jika ponsel Anda berada di samping Anda, karena suara dengungannya masih bisa mengganggu tidur Anda,” lanjutnya.

4. Kualitas Tidur Terganggu, dan Rasa Lelah Berkepanjangan 

Menurut Osibodu-Onyali, meski seseorang menerima pesan dari ponsel di tempat yang gelap, radiasi atau cahaya biru dari ponsel itu masih bisa masuk ke mata, dan mengacaukan kualitas tidur.

Buruknya kualitas tidur di malam hari baru bisa dirasakan saat bangun pagi, bahkan sampai di tempat kerja, yaitu rasa lelah yang berkepanjangan, serta otak tak dapat berpikir dengan baik.

Untuk itu, letakkan ponsel di tempat lain demi menghindari efek negatifnya, dan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Tidur Dapat Membantu Orang Mengatasi Perasaan Kesepian

GAYA HIDUP

Jun 04 2024, 20.50

Kesepian dinyatakan sebagai masalah kesehatan masyarakat.


Generic placeholder image

Mendengarkan Kata Menenangkan Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 14.18

Kata-kata santai meningkatkan durasi tidur nyenyak dan kualitas tidur, serta menunjukkan bahwa kita dapat secara positif mempengaruhi tidur menggunakan kata-kata yang bermakna.


Generic placeholder image

Perlu Tahu, Ini 4 Kebiasaan Pengganggu Kualitas Tidur yang Harus Dihindari

GAYA HIDUP

Jan 03 2024, 16.48

Sekitar 50 hingga 70 juta orang Amerika Serikat mengalami gangguan tidur.


Generic placeholder image

Ingin Tidur Nyenyak, Cobalah Makan Pisang

GAYA HIDUP

Dec 05 2023, 14.29

Magnesium dan potasium yang dimiliki pisang berfungsi untuk mengendurkan otot yang dapat membantu menenangkan otak.


Copyright Katadata 2022