Lima Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Meningkatkan Kesehatan

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 29 2023, 11.48

Liburan biasanya menjadi momen untuk memanjakan diri dengan mengonsumi makanan dan juga camilan yang Anda inginkan. Menjelang 2024, sejumlah ahli gizi memberikan panduan terkait makanan apa saja yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumi karena tidak baik untuk Kesehatan.

Belasan ahli gizi itu memberikan pendapat mereka kepada FoodNetwork.com mengenai makanan yang harus dihindari dengan cara apa pun jika Anda ingin meningkatkan Kesehatan.

1. Minuman kopi campuran

"Saya adalah seorang peminum kopi yang gemar menikmati lari pagi dan sore hari, tetapi minuman kopi campuran dengan berbagai macam rasa dan sarat gula jelas merupakan sesuatu yang saya hindari," ujar ahli diet kuliner dan penulis Manuel Villacorta.

"Campuran ini bisa mencapai 81 gram gula! Jumlah gula tersebut setara dengan minum dua kaleng soda, atau sekitar 20 sendok teh gula murni, yang dapat meningkatkan insulin dan membangun lemak di sekitar lingkar pinggang. Selain kandungan gula, minuman ini bisa mengandung hingga 510 kalori, yang bisa setara dengan satu porsi makanan bagi sebagian orang,” lanjut  Manuel.

2. Cokelat susu

"Terlalu banyak gula tambahan dapat menjadi masalah bagi kesehatan kita, jadi ketika menyangkut makanan manis, seperti cokelat, saya pilih-pilih," kata Amanda Sauceda, MS, RD pemilik The Mindful Gut. 

"Permen cokelat susu memiliki lebih banyak gula tambahan dan Anda tidak akan mendapatkan rasa kakao yang kuat. Cokelat hitam adalah favorit saya dan merupakan pilihan yang lebih baik karena mengandung lima kali lebih banyak senyawa yang meningkatkan kesehatan, polifenol, dibandingkan dengan cokelat susu. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa cokelat hitam bersifat prebiotik, yang berarti cokelat hitam juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda,” jelas Amanda.

3. Daging kurang matang

"Saya tidak akan makan daging kurang matang arena saya tidak ingin sakit," kata Jill Weisenberger, penulis Prediabetes: Panduan Lengkap. "Bakteri dalam daging yang kurang matang dapat membuat Anda sakit perut ringan, demam, atau sesuatu yang jauh lebih serius. Dan dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat mengancam jiwa. Bagi saya, hal itu tidak sepadan. Steak harus dimasak dengan suhu internal minimum 145 derajat Fahrenheit. Daging giling, yang lebih mungkin terkontaminasi, membutuhkan suhu internal minimal 160 derajat Fahrenheit. Selalu, selalu, selalu gunakan termometer daging yang baik,” jelas Jill.

4. Soda diet

"Saya menghentikan konsumsi soda diet lebih dari sepuluh tahun yang lalu," kata Sharon Palmer, RDN, penulis Plant-Powered for Life. 

"Saya sampai pada kesimpulan bahwa saya tidak memerlukan dosis bahan buatan setiap hari, dan saya akan jauh lebih baik minum air putih dan minuman nabati, seperti es teh yang dibuat sendiri, teh panas (herbal dan biasa), dan kopi di siang hari. Saya tidak percaya ada cukup ilmu pengetahuan saat ini untuk menunjukkan bahwa minuman diet berbahaya, tapi saya juga tidak berpikir ada manfaat yang benar untuk memasukkannya,” ungkap Sharon.

5. Donut

"Saya sangat percaya bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting dalam satu hari, tapi jika yang Anda ambil di pagi hari hanyalah donat, maka Anda kehilangan kesempatan untuk mengisi perut Anda dengan sesuatu yang jauh lebih bergizi," kata Liz Weiss, pembawa acara podcast dan blog Liz's Healthy Table. 

"Memulai hari dengan donat berarti Anda mungkin memilih untuk tidak mengonsumsi sarapan yang lebih sehat seperti telur, buah-buahan, biji-bijian, yoghurt, dan bahkan sayuran. Donat dibuat dengan tepung putih, gula, minyak, perasa buatan dan tidak banyak lagi. Mereka tidak menyediakan vitamin, mineral, serat atau protein dan juga tidak membantu konsumen mencapai tujuan untuk menambahkan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya nutrisi ke dalam menu makanan mereka,” tegas Liz.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Camilan Malam yang Baik untuk Kesehatan

GAYA HIDUP

Mar 13 2024, 05.04

Hindari makanan yang mengandung lemak, gula, rempah-rempah, bumbu dan asam yang tinggi.


Generic placeholder image

Lima Makanan Fermentasi untuk Menurunkan Berat Badan

GAYA HIDUP

Feb 02 2024, 16.11

Fermentasi adalah proses biologis yang mengubah gula menjadi alkohol.


Generic placeholder image

Tiga Porsi Kimchi Setiap Hari Dapat Mengurangi Risiko Obesitas Pada Pria

GAYA HIDUP

Feb 02 2024, 15.57

Para peneliti dari penelitian yang dipublikasikan di BMJ Open mengeksplorasi apakah konsumsi kimchi secara teratur dapat mengurangi risiko obesitas secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Enam Aturan ini Bisa Bantu Mengatasi Masalah Kecemasan

GAYA HIDUP

Jan 04 2024, 10.41

Makanan dan nutrisi adalah alat yang sangat berharga untuk menghilangkan kecemasan,


Generic placeholder image

Ini Dampak Jika Makan Makanan yang Sama Setiap Hari

GAYA HIDUP

Dec 12 2023, 08.03

Pembatasan pada makanan dapat membatasi nutrisi masuk dalam tubuh dan tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.9


Copyright Katadata 2022