Anda Kesulitan untuk Menaiki Tangga, Lakukan Latihan Ini

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 30 2024, 07.41

Anda pernah merasa kesulitan melakukan aktivitas dasar seperti menaiki tangga? Mungkin itu karena gaya hidup Anda yang tidak banyak bergerak. Jangan memaksakan diri. Ada baiknya Anda melatih kekuatan secara bertahan untuk melakukan aktivitas dasar tersebut seperti menaiki tangga.

Para ahli menyarankan bahwa kuncinya terletak pada memasukkan latihan sederhana ke dalam rutinitas Anda. Dikutip dari laman Indian Times, ahli gizi Nupuur Patil membagikan pola latihan sederhana dalam rutinitas sehari-hari:

1. Pengkondisian kardiovaskular

Lakukan latihan aerobik seperti jalan cepat dan jogging. Hal ini akan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot kaki, dan meningkatkan stamina secara keseluruhan, sehingga Anda dapat menaiki tangga tanpa kelelahan.

2. Latihan kekuatan kaki

Fokuslah pada latihan yang berpusat pada kaki seperti squat, lunge, dan leg press. "Membangun kekuatan paha depan, paha belakang, dan betis akan meningkatkan stabilitas dan tenaga, sehingga menaiki tangga menjadi lebih mudah," kata Patil.

3. Latihan keseimbangan dan stabilitas

Sertakan latihan yang meningkatkan keseimbangan dan stabilitas, seperti berdiri dengan satu kaki atau latihan bola stabilitas. Keseimbangan yang lebih baik mengurangi risiko tersandung atau tersandung di tangga.

4. Latihan fleksibilitas

Sertakan latihan peregangan untuk meningkatkan kelenturan pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Fleksibilitas yang ditingkatkan membantu dalam rentang gerak yang lebih luas, membuat menaiki tangga lebih nyaman dan mengurangi ketegangan pada persendian.

5. Latihan gerakan fungsional

Tiru gerakan menaiki tangga dengan latihan seperti step-up, atau lompat kotak. Pendekatan fungsional ini menargetkan kelompok otot tertentu yang terlibat dalam menaiki tangga, meningkatkan kekuatan otot.



Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Suplemen Minyak Ikan Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

GAYA HIDUP

May 30 2024, 11.38

Para peneliti melibatkan 415.737 orang dari studi UK Biobank.


Generic placeholder image

Awas! Suka Marah-Marah Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

GAYA HIDUP

May 02 2024, 11.34

Sebelum, selama, dan setelah tugas, para ilmuwan juga mengukur pelebaran pembuluh darah dan fungsi seluler peserta.


Generic placeholder image

Studi Temukan Puasa Intermiten Berkaitan dengan Risiko Kematian Kardiovaskular

GAYA HIDUP

Mar 20 2024, 11.30

Para peneliti menyelidiki potensi dampak kesehatan jangka panjang dari mengikuti rencana makan dengan batasan waktu 8 jam.


Generic placeholder image

Cara Mengelola Stres dengan Hobi Sederhana di Rumah

GAYA HIDUP

Mar 14 2024, 08.37

Stres yang berkepanjangan telah terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah suasana hati, gangguan tidur, dan bahkan penyakit jantung.


Copyright Katadata 2022