Ada 110 Ribu Lowongan Pekerjaan di Naker Fest 2024

blog_10

LAINNYA

Aug 19 2024, 08.17

Kementerian Ketenagakerjaan akan memfasilitasi 110 ribu lowongan pekerjaan dari 110 perusahaan, termasuk 15 perusahaan internasional, dalam gelaran Naker Fest 2024. Acara ini akan berlangsung pada 23-25 Agustus 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

"Kami berharap banyak pencari kerja akan mendapatkan informasi tentang kesempatan karir dari 110.000 lowongan kerja yang tersedia di job fair ini," kata Kepala Biro Humas Kemnaker, Chairul Fadhly dikutip dari laman Infopubllik.

Chairul menjelaskan, Naker Fest 2024 bertujuan untuk menjadi platform bagi perusahaan dan pencari kerja untuk bertemu dan berinteraksi langsung, sehingga tercipta link and match antara keduanya, yang pada akhirnya akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

"Pada job fair ini, pencari kerja dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada perwakilan perusahaan, bahkan mengajukan lamaran pekerjaan dan mengikuti seleksi secara langsung di tempat," ujar Chairul.

Selain itu, Naker Fest 2024 juga akan menyediakan layanan Sistem Informasi Pasar Kerja (SIAPkerja), termasuk Skillhub, di mana pengunjung dapat memperoleh informasi tentang pelatihan untuk meningkatkan kompetensi (upskilling) atau memperbarui kompetensi (reskilling).

"Layanan ini disediakan agar kompetensi angkatan kerja Indonesia semakin meningkat, sehingga dapat memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja, baik dari sektor industri maupun sektor lainnya," tambah Chairul.

Naker Fest 2024 mengusung tema besar "Akselerasi Ketenagakerjaan Untuk Indonesia Emas 2045: Kompetensi, Kemandirian, dan Berdaya Saing." Tema ini selaras dengan visi jangka panjang Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045, yang membutuhkan tenaga kerja adaptif, inovatif, dan memiliki keterampilan tinggi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, menjelaskan, Naker Fest menargetkan berbagai kalangan, mulai dari pencari kerja fresh graduate, pekerja yang ingin mengembangkan keterampilan dan karir, mahasiswa, siswa pendidikan menengah, pengusaha, pemerintah, lembaga pendidikan dan pelatihan, hingga masyarakat umum.

"Kami telah merangkum banyak kegiatan yang dirancang untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh pemangku kepentingan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, kami mengundang semua stakeholders dan masyarakat umum untuk menghadiri Naker Fest 2024," ujar dia.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Program K3 Nasional dan Budaya K3 Penting untuk Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

LAINNYA

Apr 25 2024, 14.06

Perubahan iklim tidak berdiri sendiri dan bisa memengaruhi pekerja dan juga bisnis.


Generic placeholder image

Lima Pekerjaan Ini Akan Banyak Dicari di 2024

EKONOMI & BISNIS

Feb 26 2024, 06.45

Memahami posisi atau keahlian apa yang sedang paling banyak dibutuhkan di masa sekarang akan membantu Anda untuk bersiap-siap.


Generic placeholder image

Cara Menghadapi Pekerjaan yang Tidak Kita Sukai

EKONOMI & BISNIS

Jun 16 2023, 08.50

Sering kali kita tidak punya pilihan selain bertahan karena berbagai alasan, mengingat bekerja menjadi keharusan dalam memenuhi kebutuhan hidup.


Generic placeholder image

Aktivitas Ini Bisa Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

GAYA HIDUP

May 23 2023, 01.24

Kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan berimbas langsung terhadap produktivitas saat bekerja.


Generic placeholder image

Ini Strategi Lolos Ujian Psikotes Kerja

EKONOMI & BISNIS

May 15 2023, 06.35

Psikotes kerja membutuhkan persiapan dan strategi yang matang supaya dapat menjalaninya dengan lancar.


Copyright Katadata 2022