Aktivitas Ini Bisa Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

blog_10

GAYA HIDUP

May 23 2023, 01.24

Beban kerja yang terlalu banyak dapat mempengaruhi seseorang. Tidak hanya pengaruh fisik, namun mental juga dapat terkena imbas karena perasaan stres yang timbul akibat beban kerja terlalu berat.

Stres yang terjadi akibat pekerjaan umum sebenarnya lumrah terjadi. Tetapi, apabila terus dibiarkan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan seperti depresi dan kecemasan. Kemudian, kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan berimbas langsung terhadap produktivitas saat bekerja.

Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan agar dapat menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja, seperti dilansir melalui media sosial Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.

1. Meditasi atau relaksasi 
Aktivitas ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Coba untuk mempraktikkan meditasi atau teknik relaksasi setidaknya beberapa menit sehari.

2. Olahraga 
Kegiatan satu ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Cobalah untuk berolahraga secara teratur, seperti berjalan kaki saat istirahat makan siang, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

3. Buat daftar tugas dan prioritas
Tuliskan rencana tugas-tugas kerja secara baik dan rapi. Hal ini bisa mengurangi stres disaat merasa terlalu banyak beban kerja.

4. Cari dukungan sosial dari rekan kerja atau atasan
Cobalah untuk mencari teman sekerja yang dapat diajak bicara mengenai bagaimana menciptakan suasana kerja yang positif. Atau bisa juga mengajak teman bergabung dengan kelompok atau komunitas di luar tempat kerja.  

5. Istirahat yang cukup selama hari kerja
Cobalah untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu istirahat. Maksimalkan waktu istirahat 60 menit yang diberikan perusahaan, supaya bisa membuat kinerjamu produktif.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan. Sangat sederhana, tapi bermanfaat besar bagi Anda untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ada 110 Ribu Lowongan Pekerjaan di Naker Fest 2024

LAINNYA

Aug 19 2024, 08.17

Naker Fest 2024 bertujuan untuk menjadi platform bagi perusahaan dan pencari kerja untuk bertemu dan berinteraksi langsung.


Generic placeholder image

Enam Dampak Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

Aug 01 2024, 14.55

Hubungan antara media sosial dan kesehatan mental adalah topik kompleks yang telah banyak diteliti.


Generic placeholder image

Tidur Dapat Membantu Orang Mengatasi Perasaan Kesepian

GAYA HIDUP

Jun 04 2024, 20.50

Kesepian dinyatakan sebagai masalah kesehatan masyarakat.


Generic placeholder image

Memelihara Kucing Bisa Meredakan Stres dan Tingkatkan Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

May 11 2024, 15.51

Studi menunjukkan anak-anak yang tumbuh besar bersama hewan peliharaan di rumah berisiko lebih kecil untuk terkena alergi.


Generic placeholder image

Ini Cara Mudah Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

May 05 2024, 10.34

Efek mengurangi stres dari berada di alam terjadi hanya dalam waktu 10 menit.


Copyright Katadata 2022