Membuat Otak Bekerja Keras Bisa Mencegah Masalah Memori di Masa Depan

blog_10

GAYA HIDUP

Apr 19 2024, 14.22

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa melakukan pekerjaan yang memerlukan keterlibatan kognitif dapat melindungi terhadap masalah memori di masa depan.

Dilansir dari Medical Daily, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, yang mana melibatkan otak secara aktif dalam profesi Anda dapat menurunkan risiko mengalami masalah memori dan kognitif seiring bertambahnya usia.

“Kami meneliti tuntutan berbagai pekerjaan dan menemukan bahwa stimulasi kognitif di tempat kerja selama berbagai tahap kehidupan—selama usia 30an, 40an, 50an, dan 60an—dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan kognitif ringan setelah usia 70 tahun. Temuan kami menyoroti nilai memiliki pekerjaan yang memerlukan pemikiran yang lebih kompleks sebagai cara untuk menjaga ingatan dan pemikiran di usia tua,” kata penulis studi Dr. Trine Holt Edwin dari Rumah Sakit Universitas Oslo di Norwegia.

Para peneliti menggunakan data dari 7.000 orang dan meneliti 305 pekerjaan di Norwegia. Fokus mereka adalah mengukur tingkat stimulasi kognitif yang dialami oleh setiap peserta dalam perannya masing-masing.

Kemudian, para peneliti menilai rangkaian keterampilan yang dituntut oleh berbagai pekerjaan dan mengkategorikannya ke dalam empat jenis: tugas manual rutin, kognitif rutin, analitis non-rutin, dan tugas interpersonal non-rutin.

Meskipun tugas manual rutin melibatkan gerakan berulang yang sering terlihat di pekerjaan pabrik, tugas kognitif rutin mencakup aktivitas yang tepat dan berulang seperti pembukuan. 

Tugas analitis non-rutin memerlukan analisis dan interpretasi informasi secara kreatif, sedangkan tugas interpersonal non-rutin melibatkan membangun hubungan dan memotivasi orang lain. Contoh tugas kognitif non-rutin adalah hubungan masyarakat dan pemrograman komputer.

Berdasarkan derajat rangsangan kognitif di tempat kerja, para peserta dikelompokkan menjadi empat. “Pekerjaan yang paling umum bagi kelompok dengan tuntutan kognitif tertinggi adalah mengajar. Pekerjaan yang paling umum bagi kelompok dengan tuntutan kognitif terendah adalah pengantar surat dan penjaga,” kata rilis berita tersebut.

Para peserta diuji ingatan dan pemikirannya setelah usia 70 tahun. Di antara peserta dengan pekerjaan yang membutuhkan tuntutan kognitif minimal, 42% didiagnosis dengan gangguan kognitif ringan. Sebaliknya, di antara mereka yang pekerjaannya menuntut keterlibatan kognitif tertinggi, hanya 27% yang didiagnosis mengalami gangguan kognitif ringan.

Kemudian, kelompok dengan tuntutan kognitif terendah di tempat kerja mempunyai risiko 66% lebih tinggi mengalami gangguan kognitif ringan dibandingkan dengan kelompok dengan tuntutan kognitif tertinggi di tempat kerja setelah memperhitungkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan gaya hidup.

“Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan dan melakukan pekerjaan yang menantang otak Anda selama karier Anda memainkan peran penting dalam menurunkan risiko gangguan kognitif di kemudian hari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan dengan tepat tugas-tugas pekerjaan spesifik yang menantang secara kognitif yang paling bermanfaat untuk mempertahankan pekerjaan. kemampuan berpikir dan mengingat,” kata Dr. Edwin.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Awas! Suka Marah-Marah Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

GAYA HIDUP

May 02 2024, 11.34

Sebelum, selama, dan setelah tugas, para ilmuwan juga mengukur pelebaran pembuluh darah dan fungsi seluler peserta.


Generic placeholder image

Ingin Tubuh Sehat? Ternyata Tidak Harus 10 Ribu Langkah Per Hari

GAYA HIDUP

Apr 29 2024, 08.38

Berjalan 8.000 atau lebih langkah sehari sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat kematian yang lebih rendah.


Generic placeholder image

Tips Mudah Untuk Stop Kebiasaan Makan Junk Food

GAYA HIDUP

Apr 26 2024, 17.09

Cobalah untuk perhalan berhenti mengonsumsinya, mengingat jika terlalu banyak mengonsumsi junk food akan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis.


Generic placeholder image

Ini Delapan Manfaat Menangis untuk Ketenangan dan Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

Apr 26 2024, 16.44

Menangis memiliki beberapa manfaat yang berpengaruh besar pada kesehatan pikiran, mental serta jiwa seperti menenangkan diri.


Generic placeholder image

Demam Berdarah Saat Kehamilan Pengaruhi Kesehatan Bayi di Tiga Tahun Pertama

GAYA HIDUP

Apr 25 2024, 14.27

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang paling umum secara global dan mengancam kehidupan setengah dari populasi dunia.


Copyright Katadata 2022